Pesan 1 Tahun Kepemimpinan Perbekel Desa Kukuh

Tepat 24 Desember 2020 Lalu, genap 1 Tahun saya mengabdi sebagai Perbekel (Kepala Desa) di Desa Kukuh Kerambitan. Belum banyak yang dapat saya lakukan selama 1 tahun itu karena situasi pandemi. Kepemimpinan dimasa pandemi ini sangat banyak tantangan hingga harus menunda banyak kegiatan yang telah diproyeksikan untuk dapat dilaksanakan pada tahun 2020, karena pembatasan dan adanya pengurangan serta realokasi anggaran dari pemerintah. Kendati demikian saya tidak juga berdiam diri, berkat relasi dan komunikasi akhirnya melalui program kemitraan dan pengabdian masyarakat dengan beberapa Perguruan Tinggi, kegiatan pemberdayaan masyarakat dan penyiapan infrastruktur Desa Digital secara bertahap dapat dilaksanakan tanpa menggunakan anggaran APBDes.

Khusus dalam hal upaya mendapatkan Pendapat Asli Desa (PAD) pada tahun 2020 ini saya pastikan sudah dapat dilaksanakan sehingga Tahun 2020 ini Desa Kukuh secara perlahan telah mampu menumbuhkan PAD dari tahun-tahun sebelumnya yang sama sekali tidak pernah ada. Selebihnya, hanya kegiatan-kegiatan rutin dan normatif yang dapat terlaksana. Khusus dibidang pelayanan yang menjadi prioritas pada masa kepemimpinan 1 tahun telah dapat dilaksanakan. Sekarang, masyarakat butuh surat keterangan dan surat-surat sejenisnya (yang memang menjadi kewenangan penuh di Desa, tidak termasuk Dokumen Kependudukan) tidak lagi berlama-lama, bahkan beberapa masyarakat sudah kita layani secara Online termasuk pelayanan “jemput bola”. Selain itu, kini masyarakat secara Pasti mendapatkan pelayanan karena Komitmen saya adalah adanya kepastian pelayanan pada hari dan jam kerja yang telah ditetapkan.

Pada Kesempatan ini, saya memohon maaf kepada seluruh masyarakat Desa Kukuh – Kerambitan karena pada 1 tahun ini belum maksimal dapat mengeksekusi/melaksanakan program kerja sesuai program kerja yang telah dirancang, semoga Tahun berikutnya situasi pandemi COVID-19 ini semakin membaik sehingga program-program tersebut dapat saya laksanakan dan masyarakat dapat terlibat lebih banyak serta merasakan dampaknya secara bersama-sama untuk kepentingan bersama-sama. Saya menyampaikan ucapan terimakasih sebanyak-banyaknya kepada semua pihak (tanpa terkecuali satu pun) yang telah banyak membantu secara material dan non material dengan semangat gotong royong selama 1 tahun yang berlalu dan mari kita tetap saling membantu untuk kedepannya sesuai dengan kompetensi dan keahlian masing-masing, sehingga tujuan kita bersama yaitu bersama-sama berbuat positif untuk kemajuan Desa kita tercinta Desa Kukuh – Kerambitan dapat dengan segera tercapai. Untuk memperbaiki dan menyempurnakan langkah selanjutnya, saya mengharapkan adanya kritik dan saran dari semua pihak di Desa Kukuh – Kerambitan sehingga dapat saya jadikan bahan pertimbangan dalam setiap keputusan.

Astungkara, kita bersama-sama selalu diberi kesehatan sehingga dapat berkontribusi aktif untuk Desa kita tercinta🙏 Ngiring sareng-sareng Ngukuhin Taman Anyar Sarining Winangun, Rahayu sareng sami.

Salam Hormat,
Perbekel Desa Kukuh – Kerambitan Periode 2019-2025
I Nyoman Widhi Adnyana, S.Kom.,M.Pd

about author

Admin

info@kukuh.desa.id

<p>Admin Web Site Desa Kukuh Kecamatan Kerambitan Kab. Tabanan</p>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *