PKK Desa Kukuh “Update Knowladge” tentang Budidaya Ternak Babi

PKM Tematik – Kegiatan PKM tentang Budidaya Ternak Babi kepada 20 Anggota PKK Desa Kukuh pada Minggu, 12 Juli 2020

Kukuh-Kerambitan – Kendati beberapa bulan yang lalu di Desa Kukuh Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan di hantui dengan serangan Virus ASF yang menyerang sebagian besar Babi peliharaan para warga hingga menyebabkan banyaknya warga merugi nampaknya kini mulai disikapi oleh Pemerintah Desa Kukuh.

Bekerjasama dengan Fakultas Pertanian Universitas Warmadewa, Pemerintah Desa Kukuh melakukan edukasi dan memperbaharui pengetahuan kepada 20 orang utusan PKK Desa Kukuh tentang Budidaya Ternak Babi pasca serangan Virus ASF yang dilaksanakan pada hari minggu (12/7) lalu. Kegiatan tersebut dikemas dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Tematik yang di danai dari Hibah Institusi Universitas Warmadewa Tahun 2020.

Dalam kegiatan itu, tim PKM yang terdiri dari Ir. Yan Tonga, M.P, Ir. I Gede Sutapa, M.P dan Ir. Ketut Agung Sudewa, M.Si memberikan pengetahuan dasar tentang budidaya ternak babi hingga tips pencegahan serangan penyakit-penyakit yang dapat menyerang ternak babi. Selain itu dalam PKM Tematik tersebut para peserta yang terdiri dari PKK utusan dari masing-masing Dusun yang ada di Desa Kukuh juga akan dilatih mengolah kotoran ternak babi dan sampah berbasis sumber menjadi pupuk organik yang akan dimanfaatkan untuk tanaman organik di polybag. PKM Tematik yang bertema Penanganan dan Pengolahan Limbah Ternak dan Sampah Berbasis Sumber Menjadi Pupuk Organik itu akan berlangsung hingga bulan September 2020 mendatang.

Perbekel Desa Kukuh Kecamatan Kerambitan I Nyoman Widhi Adnyana, S.Kom.,M.Pd menyampaikan ucapan terimakasih kepada tim PKM Universitas Warmadewa yang telah ikut serta membangun Desa Kukuh yang juga merupakan salah satu misi Perbekel Desa Kukuh yaitu melakukan kerjasama dengan Akademisi dan Pihak Eksternal lainnya dalam rangka percepatan pembangunan disegala sektor di Desa Kukuh.

about author

admin

info@kukuh.desa.id

<p>Admin Web Site Desa Kukuh Kecamatan Kerambitan Kab. Tabanan</p>

2 Comments on "PKK Desa Kukuh “Update Knowladge” tentang Budidaya Ternak Babi"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *