Ditengah Pandemi, PKTD Peningkatan Jalan Milik Desa Kukuh Kerambitan Siap di Gas

FOTO ILUSTRASI- PKTD Peningkatan Jalan Milik Desa Kukuh Kerambitan Siap di Gas Akhir Juli hingga Agustus 2021 mendatang.

KUKUH, KERAMBITAN – Sesuai dengan Rencana Kegiatan Pembangunan Desa (RKPDes) Tahun 2021 Pemerintah Desa Kukuh Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan dalam beberapa hari ke depan akan segera mengeksekusi kegiatan bidang pelaksanaan pembangunan Desa dalam bentuk Padat Karya Tunai Desa (PKTD) Peningkatan Jalan Desa tepatnya di Jalan Fabean Dusun Kukuh Kawan.

Dari Rencana Angaran Biaya yang telah disusun dan disesuaikan pasca adanya perubahan dan realokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) akibat dampak Pandemi COVID-19 pada awal Juli 2021 yang lalu, kegiatan tersebut mendapatkan pagu sebesar 146 Juta lebih. Dari pagu sejumlah itu, sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat maka sebesar 50% wajib dipergunakan untuk belanja upah tenaga kerja dan sisanya dipergunakan untuk belanja bahan baku dan honor Tim Pelaksana Kegiatan (TPK).

Kepala Urusan Perencanaan Desa Kukuh Kerambitan Siluh Kayan Rai Adi menyampaikan bahwa kegiatan peningkatan Jalan Desa tepatnya di Jalan Fabean Dusun Kukuh Kawan tersebut telah disesuikan dengan kebijakan prioritas pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, mengingat sumber anggaran yang dipergunakan untuk membiayai kegiatan ini adalah dari Dana Desa Tahun 2021. Dijelaskan juga bahwa secara teknis, kegiatan PKTD tersebut di kelola oleh Tim Pengelola Kegiatan (TPK) yang terdiri dari Kepala Dusun, Kader Teknik Desa, dan unsur masyarakat Desa.

Sementara itu Perbekel Desa Kukuh Kerambitan I Nyoman Widhi Adnyana, S.Kom.,M.Pd menyampaikan bahwa sesuai dengan amanat pemerintah pusat bahwa PKTD harus dapat menggerakkan perekonomian Desa ditengah Pandemi. “Pemerintah pusat menginstruksikan bahwa kegiatan PKTD ini harus menjadi solusi di tengah pandemi untuk meningkatkan pendapatan warga desa, disamping manfaat pembangunan skala prioritas tetap berjalan, pendapatan warga desa pun mulai berangsur pulih, sehingga semua dapat terbantu dengan ada program ini. Pak Menteri Desa juga kemarin menegaskan bahwa ada tiga skala prioritas Dana Desa dimasa pandemi ini yaitu BLT Dana Desa, Padat Karya Tunai Desa, serta untuk penyelenggaraan Desa Aman Covid-19. 3 skala prioritas ini sudah kita lakukan di Desa Kukuh Kerambitan. Bagi masyarakat yang berkenan untuk ikut bekerja pada kegiatan PKTD ini dipersilahkan koordinasi dengan TPK” tegas Widhi. (*)

about author

Admin

info@kukuh.desa.id

<p>Admin Web Site Desa Kukuh Kecamatan Kerambitan Kab. Tabanan</p>