Gerak Cepat! Kini BUM Desa Kukuh Kerambitan Tinggal Menunggu Sertifikat Badan Hukum Keluar

Status Dokumen Terverifikasi, Kini BUM Desa Sarining Winangun Desa Kukuh Kerambitan tinggal menunggu Sertifikat Badan Hukum diterbitkan.

Kukuh, Kerambitan – Pasca diberlakukannya Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa serta secara teknis diatur melalui Peraturan Menteri Desa PDT Nomor 3 Tahun 2021 akhirnya Pemerintah Desa Kukuh Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan bergerak cepat untuk menyelaraskan Badan Usaha Milik Desa yang telah beroperasi sejak Maret 2020 lalu.

Tahapan demi tahapan sesuai amanat PP 11 Tahun 2021 dan Permendes PDT Nomor 3 Tahun 2021 telah dilakukan oleh Pemerintah Desa Kukuh Kerambitan. Terbilang cukup agresif geraknya, pasalnya kelengkapan dokumen untuk mengusulkan sertifikat badan hukum secara online ini hanya memakan waktu kurang dari 24 jam hingga status dokumen kelengkapannya telah dinyatakan terverifikasi. Tepat 14 Juli 2021, usulan kelengkapan dokumen yang terdiri dari Berita Acara Musdes, Perdes Pendirian BUM Desa, AD/ART BUM Desa serta Program Kerja BUM Desa telah dinyatakan lengkap dan terverifikasi.

Perbekel Desa Kukuh Kerambitan I Nyoman Widhi Adnyana, S.Kom.,M.Pd menyatakan bahwa cepatnya progres pendaftaran sertifikat Badan Hukum BUM Desa tersebut tidak terlepas dari kesigapan para pihak yang terlibat dalam pengelolaan BUM Desa. “Bisa cepat karena kita juga solid dan agresif di Desa. Berkat kesigapan semua pihak mulai dari Badan Permusyawaratan Desa, Pengelola BUM Desa, Pengawas BUM Desa dan dari Unsur Pemerintahan Desa akhirnya dokumen-dokumen yang dibutuhkan bisa segera juga kita tuntaskan. Begitu kita Upload, kurang dari 24 Jam dokumen sudah diterima dan terverifikasi”.

Kendati proses upload dan verifikasi dokumen tersebut cepat, Perbekel Widhi mengakui bahwa proses yang lama itu terjadi pada saat penyusunan Program Kerja. “Penyusunan Program Kerja itu yang cukup lama, karena kita detailkan sekali agar sesuai dengan kondisi dan sesuai dengan ketentuan. Sebab Program Kerja itu akan jadi acuan pergerakan Usaha BUM Desa pada nantinya”.

Saat ini, BUM Desa Kukuh Kerambitan yang bernama BUM Desa Sarining Winangun Kukuh ini hanya tinggal menunggu sertifikat badan hukum diterbitkan. Sebelumnya, BUM Desa Kukuh ini bernama BUMDes Kukuh Winangun, sejalan dengan kebijakan PP 11 Tahun 2021 dan Permendesa PDT Nomor 3 Tahun 2021, nama BUM Desa dirubah menjadi BUM Desa Sarining Winangun Kukuh. (*)

about author

Admin

info@kukuh.desa.id

<p>Admin Web Site Desa Kukuh Kecamatan Kerambitan Kab. Tabanan</p>