Komponen Masyarakat Desa Kukuh Kerambitan Bergilir Bantu Sembako Bagi Warga Isoman

SOLIDARITAS – Warga Kukuh Kerambitan memberikan Sumbangan Sembako kepada warga Desa Kukuh Kerambitan yang sedang Isoman.

KUKUH, KERAMBITAN – Pandemi belum juga sirna, hingga hari ini (20/7) angka mencatat adanya kenaikan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di beberapa wilayah di Kabupaten Tabanan. Begitu juga dengan kondisi kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Desa Kukuh Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan. Hingga berita ini dirilis, sejak 5 Juli 2021 telah tercatat sebanyak 18 orang masyarakat Desa Kukuh Kerambitan dinyatakan positif COVID-19. 2 orang diantaranya telah dinyatakan sembuh, dan 16 orang sisanya saat ini sedang menjalani proses isolasi.

Dari laporan pencatatan konfirmasi kasus positif COVID-19 milik Satgas COVID-19 Desa Kukuh Kerambitan menyatakan bahwa dari 16 orang yang saat ini sedang isolasi tersebut diantaranya 14 orang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah masing-masing dan 2 orang menjalani isolasi di Rumah Sakit.

Banyaknya jumlah warga yang menjalani isoman di rumah masing-masing ini mendapatkan perhatian khusus dari para warga lainnya. Para warga baik secara individu atau kelompok dan organisasi saling bergotong royong untuk memberikan sumbangan kebutuhan pokok kepada warga yang sedang melaksanakan isoman.

Dari pantauan dilapangan, sejumlah komunitas atau organisasi memberikan sumbangan berupa sembako, diantaranya adalah dari unsur Desa Adat, komunitas wirausaha muda Desa Kukuh yang tergabung dalam pengusaha Nasi Bejek Kukuh (BEJEKKU) dan Komunitas Black hawk old man (BHOM). Selain itu, secara individu juga banyak yang memberikan sumbangan dalam bentuk makanan ringan, sayuran, daging hingga vitamin atau supplemen.

Perbekel Desa Kukuh Kerambitan I Nyoman Widhi Adnyana, S.Kom.,M.Pd menyambut baik gerakan solidaritas dimasa pandemi ini. Menurutnya, aksi solidaritas ini terlaksana atas dasar inisitaif masing-masing kendati pihak Pemerintah Desa Kukuh telah memberikan bantuan dalam bentuk kebutuhan pokok kepada para warga yang isoman. “Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada para warga secara individu maupun organisasi yang dengan inisitaifnya bergerak untuk saling bantu-membantu dimasa pandemi ini. Rasa solidaritas dan kegotongroyongannya sangat kental sekali”.

“14 Warga ini melaksanakan isolasi mandiri dirumah karena rata-rata mereka 1 keluarga dinyatakan positif covid-19, tentunya mereka tidak kami ijinkan untuk keluar pekarangan rumah. Untuk menjamin mereka tidak keluar rumah, selain pengawasan maka salah satunya yang harus kita penuhi dulu adalah kebutuhan pokoknya. Kami dari Pemerintahan Desa Kukuh telah memberikan bantuan Sembako, kemudian ada aksi solidaritas secara individu dan organisasi atau kelompok warga juga yang memberikan sumbangan lainnya. Dengan demikian, mereka yang isolasi dirumah ini tidak sampai kebingungan bahkan tidak sampai kelaparan menjalani isoman. Kebutuhan pokoknya tercukupilah selama isoman” imbuh perbekel Widhi. (*)

about author

Admin

info@kukuh.desa.id

<p>Admin Web Site Desa Kukuh Kecamatan Kerambitan Kab. Tabanan</p>