Lagi! Pemerintah Desa Kukuh Gerakkan Stakeholder Kembangkan Sistem Pertanian Padi Terintegrasi

Penyemaian Bibit Padi M70D Pada Demplot Spesifik di Subak Samsaman Desa Kukuh Kerambitan (21/6)

Kegiatan Penyemaian Bibit Padi M70 di Demplot Spesifik Subak Samsaman Desa Kukuh Kerambitan dilaksanakan pada 21 Juni 2021 lalu. Kegiatan Dempot Pertanian Spesifik ini merupakan kegiatan sinergi dari Pemerintah Desa Kukuh dengan Universitas Warmadewa, BUMDes Desa Kukuh Kerambitan, PPL Pertanian Desa Kukuh dan Prajuru Subak Samsaman Desa Kukuh Kerambitan.

Demplot ini menggunakan Teknologi Bugar Gembur Tanah dengan Varietas Padi M70. Pendampingian Penerapan Teknologi ini di lakukan oleh Fakultas Pertanian Universitas Warmadewa. BUMDes Desa Kukuh berperan dalam kegiatan Pasca Tanam khususnya saat Panen, dimana semua hasil panen pada Demplot ini dibeli oleh BUMDes. Sementara, PPL Pertanian berperan untuk mengasestensi petani sesuai kewenangannya dan melakukan pengamatan terhadap proses dan hasil Demplot sebagai rekomendasi pada musim tanam selanjutnya.

Peran Subak juga sangat berpengaruh, mengingat Subak sebagai organisasi traditional di level petani yang secara khusus bertugas melakukan manajemen perairan dan secara umum melakukan manajemen pertanian di wilayahnya. Menurut Perbekel Widhi Adnyana menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan terintegrasi untuk memajukan sektor Pertanian di Desa Kukuh Kerambitan dengan prinsip Gotong Royong. S

ejak Tahun 2020, Pemerintah Desa Kukuh Kerambitan di bawah Kepemimpiman Perbekel I Nyoman Widhi Adnyana, S.Kom., M.Pd rutin menyelenggarakan kegiatan terintegrasi dibidang Pertanian ini. Hal tersebut merupakan komitmen Perbekel yang telah dituangkan dalam Misinya yaitu dalam rangka Peningkatan Tatanan Kehidupan bidang Pertanian dan Perkebunan (Agraris) serta dalam rangka mewujudkan pembangunan Desa secara tematik dengan melibatkan pihak internal dan eksternal secara gotong royong. (*)

about author

Admin

info@kukuh.desa.id

<p>Admin Web Site Desa Kukuh Kecamatan Kerambitan Kab. Tabanan</p>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *