Manfaatkan Teknologi WA Blast, Pemdes Kukuh Kerambitan terapkan “Mepengarah” Digital

MEPENGARAH DIGITAL – Salah satu pesan yang diterima oleh warga Desa Kukuh Kerambitan yang dikirimkan oleh Pemerintah Desa Kukuh.

KUKUH, KERAMBITAN – Semenjak dideklarasikan sebagai Desa Digital pada awal Tahun 2020 yang lalu, nampaknya Pemerintah Desa Kukuh Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan terus melakukan upaya digitalisasi Desa baik secara terintegrasi dan parsial.

Mengawali ikrar Desa Kukuh sebagai Desa Digital adalah sejak awal Tahun 2020 Pemerintah Desa membangun sebuah pusat informasi digital berbasis Web Site dengan alamat www.kukuh.desa.id. Dalam web site tersebut menyajikan informasi terkini tentang Desa Kukuh yang dikemas dalam berita, pengumuman, dan penyajian data desa. Tidak hanya itu, beberapa layanan online juga telah siapkan oleh Pemerintah Desa Kukuh Kerambitan seperti Layanan Keluhan dan Pengaduan, Layanan Data UMKM/IKM, serta Layanan Pelaporan Penduduk Pendatang.

Untuk memaksimalkan dan melengkapi layanan digital, Sejak 1 Agustus 2021 yang lalu Pemerintah Desa Kukuh memanfaatkan layanan Whatsapp Blasting atau WA Blast untuk menyampaikan informasi atau pengumuman yang wajib diketahui oleh setiap warga masyarakat atau setiap kepala keluarga.

Perbekel Desa Kukuh Kerambitan, I Nyoman Widhi Adnyana, S.Kom.,M.Pd menjelaskan bahwa dimasa pembatasan oleh karena Pandemi COVID-19 ini mengharuskan segala upaya untuk dimanfaatkan dalam rangka menyebar luaskan informasi yang wajib diketahui oleh setiap masyarakat. “Pandemi ini membatasi interaksi secara langsung atau tatap muka, untuk itu salah satu langkah yang kami tempuh adalah dengan memanfaatkan teknologi yang sederhana untuk mendistribusikan informasi penting kepada warga sehingga warga dengan cepat mendapatkan informasi. Untuk itu kami memaksimalkan pemanfataan WA Blast untuk mendistribusikan informasi kepada setiap warga yang ada di Desa Kukuh Kerambitan”.

Teknologi sederhana WA Blast adalah teknologi pengiriman pesan dengan fitur WhatsApp Business API yang memungkinkan penggunanya mengirimkan pesan ke banyak nomor secara bersamaan. Dalam hal ini, Pemerintah Desa Kukuh Kerambitan menyiapkan sebuah server dan perangkat lunak sederhana yang berfungsi untuk mengirimkan pesan keseluruh nomor Whatsapp milik masyarakat Desa Kukuh Kerambitan yang telah di data sebelumnya pada saat survei SDGs Desa. Dari server dan perangkat lunak itulah pesan dalam bentuk informasi atau pengumuman akan di kirimkan secara bersamaan ke nomor Whatsapp para masyarakat.

“Dengan WA Blast ini kami cukup terbantu untuk menyampaikan info kepada masyarakat karena sifatnya up to date informasi itu diterima langsung oleh warga. Setidaknya saat ini dari hasil pendataan SDGs tercatat 92 persen warga setiap 1 kepala keluarga memiliki dan menggunakan aplikasi Whatsapp, sehingga informasi yang kita sampaikan itu setiap Kepala keluarga pasti menerima, kecuali nomor WAnya di ganti atau tidak dalam terkoneksi internet. Kita sudah uji coba sejak 1 Agustus 2021 untuk menginformasikan perpanjangan usulan BPUM, ternyata banyak masyarakat yang datang ke kantor Desa untuk mengumpulkan persyaratannya. Artinya, teknologi sederhana ini dapat dijadikan sebuah media yang produktif dan informatif dalam rangka percepatan distribusi informasi di Desa Kukuh Kerambitan” Imbuh Perbekel Widhi.

Dari pantauan di lapangan, memang benar bahwa setiap warga yang memiliki dan menggunakan aplikasi Whatsapp menerima pesan secara personal. Bahkan pada pesan tersebut masing-masing warga penerima pesan disebutkan nama lengkapnya sesuai yang tertera pada KTP atau data kependudukan.

“Pesan yang dikirim di WA itu sifatnya sangat personal sekali, meskipun isi pesannya sama. Kita ingin agar masyarakat menjadi cepat mengetahui informasi di Desa. Cukup satu kali klik di server, semua warga yang telah terdata nomor WAnya sudah dapat informasi yang kita kirimkan. Desa Digital harus dimulai dengan cara-cara sederhana dan tidak mesti harus mengeluarkan anggaran yang banyak-banyak, yang penting manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat” pungkas Perbekel yang kini juga terpilih sebagai Duta Petani Milenial Kementerian Pertanian Republik Indonesia itu. (*)

about author

Admin

info@kukuh.desa.id

<p>Admin Web Site Desa Kukuh Kecamatan Kerambitan Kab. Tabanan</p>