SAH! 2020 Total Pendapatan Operasional BUMDES Desa Kukuh Kerambitan Capai Setengah Miliar Lebih

MUSDES LPJ BUMDES 2020 – Suasana Musyawarah Desa LPJ BUMDES Kukuh Winangun Desa Kukuh Kerambitan tadi pagi (19/01) berlangsung di ruang rapat Kantor Perbekel Desa Kukuh.

KUKUH, KERAMBITAN – Belum komplit satu tahun beroperasi, akhirnya tadi pagi (19/1) Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Kukuh Winangun Desa Kukuh Kecamatan Kerambitan menyampaikan hasil usahanya pada Musyawarah Desa Laporan Pertanggungjawaban BUMDES Tahun 2020.

Acara dilaksanakan diruang rapat Kantor Perbekel Desa Kukuh – Kerambitan tersebut dihadiri oleh Badan Permusyawaratan Desa, Perbekel, Badan Pengawas serta Pengurus BUMDES, Kepala Kewilayahan se-Desa Kukuh dan Perangkat Desa Kukuh. Bertindak selaku pimpinan Musyawarah Desa adalah Ketua Badan Permusyawaratan Desa Kukuh Drs. A.A. Rai Budi Utama.

Dalam Laporan tahunannya, Direktur BUMDES Kukuh Wianangun Desa Kukuh Kerambitan I Ketut Sujaya menyampaikan bahwa Total Pendapatan Operasional Tahun 2020 sebesar Rp. 528.714.689 dan Pendapatan Non Opersional sejumlah Rp. 14.037.989 sehingga akumulasi dari kedua sumber pendapatan tersebut mencapai Rp. 542.752.678. Sementara itu, total biaya operasional selama satu tahun mencapai Rp. 26.280.632. “Biaya operasional itu terdiri dari Honor Pengurus yang dalam hal ini merangkap sebagai pengelola sebesar 12 Juta, Transportasi 1,3 Juta, Pemeliharaan 6 Juta, dan Biaya Operasional lainnya 6,5 Juta. Untuk Biaya Non Operasional yaitu Pajak Bank dan Admin Bank itu sejumlah 3 Jutaan” Imbuh Sujaya.

Dari laporan laba rugi yang disampaikan, setelah dikurangi dengan harga pokok pembelian sejumlah Rp. 490.105.789 dan biaya operasional dan non operasional maka Sisa Hasil Usaha (SHU) bersih yang diperoleh oleh BUMDES Kukuh Winangun Desa Kukuh Kerambitan tahun 2020 adalah sebesar Rp. 23.342.682.

Ketua Badan Pengawas BUMDES Desa Kukuh Kerambitan I Nyoman Sukadi menyampaikan bahwa selaku Badan Pengawas telah melakukan fungsinya dan dari hasil pengawasan yang dilakukan pada tahun 2020 dapat disimpulkan bahwa BUMDES Kukuh Winangun Desa Kukuh Kerambitan telah memenuhi standar operasional serta akuntabel, namun pihaknya juga mengingatkan agar semua pihak ikut bersama-sama memantau perkembangan dan pelaksanaan operasional BUMDES sebagai satu-satunya badan usaha yang dimiliki oleh Desa.

A.A Rai Budi Utama selaku Ketua Badan Permusyawaratan Desa Kukuh menyampaikan apresiasi kepada para pengelola atau pengurus dan para badan pengawas serta pembina atas kerja kerasnya untuk menjalankan BUMDES Desa Kukuh hingga ditahun pertama ini mampu memberikan SHU yang cukup signifikan.

Perbekel Desa Kukuh Kerambitan I Nyoman Widhi Adnyana, S.Kom.,M.Pd dalam sambutannya juga menyampaikan apresiasi kepada jajaran BUMDES Kukuh Winangun Desa Kukuh Kerambitan. “Kami mengingatkan agar BUMDES selalu berinovasi dan berstrategi sehingga semakin lebih optimal. Jumlah Warung-warung milik warga yang bermitra saat ini baru 50% maka ini juga harus dimaksimalkan kemitraannya. Usia 9 bulan ini tentu baru usia prematur bagi sebuah perjalanan usaha bisnis, maka jajaran BUMDES harus tetap semangat, jangan kendor dan selalu kembangkan diri sehingga tahun depan lebih mantap lagi” ucap Widhi.

Diakhir acara, musyawarah Desa menyepakati untuk menerima laporan pertanggung jawaban dari Pengurus BUMDES Kukuh Winangun Desa Kukuh Kerambitan dan telah disahkan oleh Badan Permusyawarat Desa. (*)

about author

Admin

info@kukuh.desa.id

<p>Admin Web Site Desa Kukuh Kecamatan Kerambitan Kab. Tabanan</p>