Sedikit Lagi, Batas Desa Kukuh Kerambitan Ditetapkan Melalui Peraturan Bupati

Penampakan Peta Batas Desa Kukuh Kerambitan, kini memasuki tahap penyusunan draf peraturan Bupati.

Kukuh – Kerambitan – Penetapan dan penegasan batas Desa menjadi sangat penting dalam memberikan kejelasan dan kepastian hukum terhadap batas-batas wilayah, sehingga akan tercipta tertib administrasi pemerintahan Desa. Dalam upaya seperti hal tersebut, Pemerintah Desa Kukuh Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan sejak awal 2021 ini gencar bergerak menuntaskan batas Desa sesuai dengan Permendagri No. 45 Tahun 2016.

Dikonfirmasi pada Jumat (16/7), Perbekel Desa Kukuh Kerambitan I Nyoman Widhi Adnyana, S.Kom.,M.Pd menyatakan bahwa sampai hari ini (Jumat, 16 Juli 2021) progres Delinasi atau penetapan dan penegasan batas desa sudah terlaksana hampir 75 persen. “Progres Delinasi sudah 75 persen hingga hari ini. Ada empat tahapan sudah selesai yaitu Sosialisasi kegiatan dan identifikasi tokoh kunci dalam penetapan batas desa, Delineasi dan penyepakatan batas desa dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan di tingkat desa, Penggunaan teknologi geospasial untuk membantu dalam penyepakatan batas desa dan Delineasi batas desa hasil kesepakatan beserta titik kartometri disajikan dalam Peta Kerja”.

Widhi menambahkan bahwa setidaknya ada 3 tahapan lagi yang sedang dan akan dilakukan agar benar-benar batas desa tersebut menjadi sah secara aspek teknis dan yuridis. “Tinggal 3 step lagi untuk menjadi sah, yaitu Penyusunan Peraturan Bupati untuk Penetapan Batas Desa melalui Biro Hukum Pemerintah Daerah, Penyepakatan, pengukuran koordinat, dan pembangunan pilar batas desa serta Penyusunan Peraturan Bupati untuk Penegasan Batas Desa melalui Biro Hukum Pemerintah Daerah. Tiga hal ini yang sedang kita proses” jelas Perbekel Widhi.

“Target, sebelum Desember 2021 ini sudah tuntas batas Desa Kukuh Kecamatan Kerambitan ini. Secara batas antar Desa sudah tidak ada masalah, sudah kami koordinasikan dan musyawarahkan secara baik-baik dan antar Desa sudah bersepakat jadi sudah tidak ada masalah sehingga proses ini bisa cepat. Setelah Batas Desa ini sah ditetapkan melalui Peraturan Bupati sesuai Permendagri maka tidak ada lagi wilayah abu-abu di Desa Kukuh serta antar Desa yang bertetangga juga akan jelas batasnya” pungkasnya. (*)

about author

Admin

info@kukuh.desa.id

<p>Admin Web Site Desa Kukuh Kecamatan Kerambitan Kab. Tabanan</p>