Urus Surat Keterangan Tempat Usaha di Desa Kukuh Kerambitan kini Semakin Mudah dan Cepat

TERAPKAN APLIKASI DIREKTORI UMKM/IKM – Akademisi STIKI Indonesia I Putu Susila Handika (Kiri) bersama Perbekel Desa Kukuh Kerambitan (kanan) saat memperlihatkan aplikasi Direktori UMKM/IKM Desa Kukuh Kerambitan (1/10).

Kukuh, Kerambitan – Laju gerak muwujudkan Desa Digital di Desa Kukuh Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan dengan pola pemberdayaan stakeholder nampaknya semakin bergeliat. Berbagai inovasi berbasis teknologi informasi dilakukan oleh pemerintah Desa Kukuh Kerambitan dalam rangka percepatan dan pelayanan bagi masyarakat serta dalam upaya membangun desa berbasis Data di Desa Kukuh Kerambitan.

Salah satu yang baru saja mulai diterapkkan secara resmi penggunaanya sejak 1 September 2021 yang lalu adalah aplikasi teknologi informasi berbasis web untuk pendataan dan penerbitan Surat Keterangan Tempat Usaha (SKTU) bagi pelaku UMKM dan IKM yang ada di wilayah Desa Kukuh Kecamatan Kerambitan.

Aplikasi yang disebut Sistem Informasi Direktori UMKM/IKM Desa Kukuh tersebut dibangun oleh sekelompok Dosen STIKI Indonesia yang terdiri dari I Putu Susila Handika, I Kadek Susila Satwika, Putu Praba Santika dan Made Suci Ariantini melalui Program Pengabdian Masyarakat.

Menurut I Putu Susila Handika selaku Ketua Tim Pengabdian Masyarakat menyatakan bahwa pada era digital saat ini diperlukan sebuah upaya inovasi bagi Desa untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sehingga masyarakat bisa dengan mudah dan cepat mendapatkan pelayanan salah satunya adalah pelayanan Surat Keterangan Tempat Usaha bagi masyarakat Desa Kukuh Kerambitan. “Pada sistem yang kami bangun ini memfasilitasi pemerintah Desa dan Masyarakat khususnya yang memiliki usaha atau industri yang berlokasi di Desa Kukuh untuk mendapatkan Surat Keterangan Tempat Usaha. Skemanya adalah Data Base para pelaku UMKM atau IKM sudah tersedia dan dapat di tambah atau di perbaharui datanya setiap saat, sehingga data para pelaku UMKM atau IKM di Desa Kukuh Kerambitan ini akan selalu Up to Date, sehingga kapan pun masyarakat membutuhkan SKTU itu bisa langsung dicetakkan oleh petugas di kantor Desa. Tidak perlu bawa berkas-berkas lagi karena semua datanya sudah tersimpan di sistem ini. Untuk kedepannya kami akan terus tingkatkan fitur-fiturnya sehingga semakin kompleks dapat bermanfaat” Papar Susila.

Tidak hanya itu, ternyata aplikasi yang dapat di akses melalui halaman https://umkm.kukuh.desa.id ini juga dapat diakses oleh masyarakat umum yang ingin mengetahui usaha dan jasa apa saja yang ada di Desa Kukuh Kerambitan. “Bagi pihak-pihak yang memerlukan data tentang UMKM atau IKM di Desa Kukuh Kerambitan juga dapat melihatnya, bahkan sudah kita lengkapi dengan peta lokasi tempat usahanya. Tujuannya adalah jika ada yang memerlukan salah satu produk atau jasa dari para pelaku UMKM atau IKM di Desa Kukuh ini bisa langsung dikontak atau dikunjungi tempat usahanya. Menurut kami ini salah satu implementasi sederhana dari Desa Cerdas atau Smart Village” imbuhnya.

Terkait dengan inovasi tersebut, Perbekel Desa Kukuh Kerambitan I Nyoman Widhi Adnyana, S.Kom.,M.Pd menyatakan bahwa pihaknya sangat berkomitmen untuk mewujudkan Desa Digital sehingga upaya-upaya riil pun dilakukan. “Kami sangat komit untuk membangun desa Kukuh ini menjadi sebuah Desa Digital karena eranya sekarang memang era digital sehingga harus kita dorong agar pelaksanaan pemerintahan di Desa Kukuh ini juga dengan cara-cara digital yang orientasinya adalah percepatan dan kemudahan pelayanan. Adanya bantuan dalam bentuk kegiatan Pengabdian Masyarakat dari para Akademisi ini tentunya sangat bermanfaat bagi kita di Desa Kukuh Kerambitan khususnya untuk para akademisi dari Kampus STIKI Indonesia ini” jelas Perbekel Widhi.

“Aplikasi Direktori UMKM dan IKM ini di fasilitasi oleh Kampus STIKI Indonesia dan sangat bermanfaat bagi kami, karena kami bisa lebih cepat memproses surat keterangan tempat usaha yang dibutuhkan oleh masyarakat. Disamping itu kami akhirnya memiliki data-data usaha yang dimiliki oleh masyarakat di Desa Kukuh. Tugas kami ke depan adalah mengelola aplikasi ini minimal untuk melakukan update data dan penambahan data jika ada usaha masyarakat yang belum terdata di sistem ini. Kami atas nama Pemerintah Desa Kukuh menyampaikan ucapan terimakasih kepada para akademisi STIKI Indonesia yang telah membantu kami secara bertahap untuk mewujudkan Desa Digital ini” Imbuh Widhi Adnyana.

Perbekel Desa Kukuh mengklaim bahwa dengan adanya Aplikasi Direktori UMKM dan IKM Desa Kukuh Kerambitan ini masyarakat yang memerlukan Surat Keterangan Tempat Usaha hanya membutuhkan waktu 3 menit saja. “Ketika data UMKM dan IKM masyarakat Desa Kukuh Kerambitan ini sudah ada di Data Base maka hanya butuh waktu 3 menit saja, Surat Keterangan Tempat Usaha sudah beres deh” (*)

about author

Admin

info@kukuh.desa.id

<p>Admin Web Site Desa Kukuh Kecamatan Kerambitan Kab. Tabanan</p>