Musim Panen Padi Subak Mumbu, BUMDes Beli Gabah Petani

GABAH DIBELI BUMDES – Pan Surata Petani Subak Mumbu yang sedang menunggu gabahnya untuk di angkut oleh BUMDes Desa Kukuh – Kerambitan (7/3).

KUKUH, KERAMBITAN – Musim panen padi pertama Tahun 2021 diwilayah Subak Mumbu Desa Kukuh Kecamatan Kerambitan telah tiba. Dari beberapa masa panen yang telah terlewati, panen padi kali ini terbilang cukup baik. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal seperti adanya ketersediaan air yang mencukupi serta berkurangnya serangan hama tikus.

Pada musim panen padi kali ini juga terbilang bernuansa baru dari masa panen sebelumnya. Kali ini gabah yang dijual oleh para petani di Subak Mumbu Desa Kukuh Kerambitan dibeli oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kukuh Winangun Desa Kukuh Kerambitan. Menurut Direktur BUMDes Desa Kukuh I Ketut Sujaya menyampaikan bahwa untuk meminimalisir permainan harga yang dilakukan oleh para tengkulak serta untuk memberikan kepastian harga gabah maka peran BUMDes sangat diperlukan. “Dibelinya gabah para Petani di Subak Mumbu yang ada di Desa Kukuh Kerambitan ini, disamping sebagai komitmen Bapak Perbekel Desa Kukuh Kerambitan untuk menjadikan hasil pertanian (padi) para Petani Desa Kukuh sebagai Produk Unggulan Desa juga sebagai upaya dan usaha untuk meminimalisir permainan harga oleh pihak-pihak yang ingin memanfaatkan keadaan. Dari informasi yang saya terima dilapangan, ada pihak-pihak yang nakal ingin membeli gabah petani kita dengan harga di bawah Harga Pembelian Pemerintah (HPP) Gabah Kering Panen (GKP)” Jelas Sujaya.

Menurut Petugas Penyuluh Lapangan Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Kerambitan I Nyoman Sudirga, S.P mengapresiasi adanya terobosan dari Desa Kukuh Kerambitan melalui BUMDes untuk membeli hasil panen para petani padi di Desa Kukuh Kerambitan. “Sangat bersukur disaat seperti ini dan sudah punya badan usaha yang dapat menjawab situasi kegelisahan para petani untuk mencari tempat layak menjual gabahnya serta ada kepastian harga yang diberikan kepada Petani saat menjual hasil panen padinya”.

Dari data yang diperoleh di lapangan, sejak awal Maret 2021 hingga berita ini diterbitkan tercatat sebanyak 3,5 ton gabah yang dijual oleh para petani di Subak Mumbu telah dibeli oleh BUMDes Kukuh Winangun Desa Kukuh Kerambitan dengan kisaran harga terendah Rp. 4.200 hingga Rp. 4.800 per kilogramnya. Selanjutnya gabah yang telah dibeli oleh BUMDes ini akan digiling hingga menjadi beras lalu dikemas dengan Brand Beras Tabanan “Sarining Kukuh”.

Dipantau dari perkembangan Distribusi beras Sarining Kukuh yang di produksi oleh BUMDes Desa Kukuh Kerambitan, sejak bulan Januari hingga Februari 2021 yang lalu mengalami peningkatan yang cukup tajam. Salah satu pelanggan setia Beras Sarining Kukuh ini adalah Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ibu Ni Putu Putri Suastini Koster. “Ibu Istri Gubernur Bali, langganan setia beras Sarining Kukuh ini, sudah hampir 5 Ton beliau membeli beras di BUMDes Desa Kukuh ini” Pungkas Ketut Sujaya. (*)

about author

Admin

info@kukuh.desa.id

<p>Admin Web Site Desa Kukuh Kecamatan Kerambitan Kab. Tabanan</p>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *