Sistem Informasi Desa Kukuh Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan Provinsi Bali - www.sid.kukuh.desa.id --- |||---- Web Site Desa Kukuh Dapat di Akses melalui Halaman : www.kukuh.desa.id - Ayo Sukseskan Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022 di Desa Kukuh Kerambitan 15 Oktober - 14 November 2022 -

Artikel

Waspada PMK! Pemdes Kukuh Kerambitan Sosialisasikan Penyakit Mulut dan Kuku Pada Hewan Kepada Warga

31 Juli 2022 13:10:30  Admin SID  134 Kali Dibaca  Berita Desa

KUKUH, KERAMBITAN - Mengantisipasi menyebarnya penyakit mulut dan kuku pada hewan di wilayah Desa Kukuh Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan, pada Sabtu (30/7/2022) Pemerintah Desa Kukuh Kerambitan menyelengagrakan kegiatan Sosialisasi Penyakit Mulut dan Kuku Hewan kepada Penduduk Desa Kukuh Kerambitan yang memelihara Hewan Sapi dan Kambing.

Perbekel Desa Kukuh Kerambitan I Nyoman Widhi Adnyana, S.Kom.,M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa Virus PMK yang saat ini telah masuk ke wilayah Bali merupakan virus yang sangat cepat menular pada hewan sapi, kambing, kerbau dan sejenisnya. Pihaknya mengajak para pemilik hewan yang rentan terserang virus PMK ini untuk waspada dan melakukan upaya-upaya pencegahan sejak dini.

Dalam paparannya, Narasumber drh. Luh Gede Sugiartini dari Dinas Pertanian Kabupaten Tabanan menyampaikan bahwa Penyakit mulut dan kuku (PMK) adalah penyakit infeksi virus yang bersifat akut dan sangat menular. Penyakit ini menyerang semua hewan berkuku belah/genap, seperti sapi, kerbau, babi, kambing, domba termasuk juga hewan liar seperti gajah, rusa dan sebagainya. Virus dapat bertahan lama di lingkungan, dan bertahan hidup di tulang, kelenjar, susu serta produk susu. Masa inkubasi 1-14 hari, virus awet dalam pendinginan dan terinaktivasi oleh temperature > 500 dan terinaktivasi pada pH < 6> 9,0. Penyakit ini ditandai dengan adanya pembentukan vesikel atau lepuh dan erosi di sekitar mulut, lidah, gusi, nostril, puting, dan di kulit sekitar kuku, pincang dan bahkan kuku bisa terlepas, hipersalivasi,  hewan lebih sering berbaring; pada ternak potong terjadi penurunan bobot badan dan pada ternak perah terjadi penurunan produksi susu yang drastis. Morbiditas biasanya tinggi mencapai 100%, namun mortalitas/tingkat kematian untuk hewan dewasa biasanya sangat rendah, akan tetapi pada hewan muda bisa mencapai 50%.

PMK disebut juga sebagai air borne disease karena sangat kecilnya virus ini mampu menyebar cepat dengan bantuan angin sampai ratusan kilometer. Penyakit mulut dan kuku tidak ditularkan ke manusia (bukan penyakit zoonosis), sehingga daging dan susu aman untuk dikonsumsi. Daging dan susu sapi yang dikonsumsi harus dengan pengolahan yang sempurna. Pengolahan ini penting demi mematikan virus yang terdapat di dagingnya sehingga bisa diminimalisir masuk ke tubuh manusia. Ini yang harus dipahami masyarakat bahwa tidak perlu takut mengkonsumsi daging dan susu, tapi harus diperhatikan pengolahan daging dan susu dengan benar sehingga virus menjadi in-aktif.

Kegiatan yang dikolaborasikan dengan Mahasiswa KKN PPM Universitas Udayana Tahun 2022 ini juga di hadiri oleh Penyuluh Pertanian Desa Kukuh Kerambitan I Nyoman Sudirga, S.P. (*)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Agenda

 Sinergi Program

Kemendes PDTT Pemkab Tabanan INSTIKI
Universitas Warmadewa ISI Denpasar Unmas Denpasar
UPN Veteran Jawa Timur BLK Kab. Tabanan Pemprov Vali

 Aparatur Desa

Back Next

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:494
    Kemarin:480
    Total Pengunjung:75.726
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:34.229.119.176
    Browser:Tidak ditemukan

 Jam Layanan Kantor

  • Hari Mulai Selesai
    Senin 08:00:00 15:00:00
    Selasa 08:00:00 15:00:00
    Rabu 08:00:00 15:00:00
    Kamis 08:00:00 15:00:00
    Jumat 08:00:00 13:00:00
    Sabtu Libur
    Minggu Libur

 Terkini di Fans Page