Sistem Informasi Desa Kukuh Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan Provinsi Bali - www.sid.kukuh.desa.id --- |||---- Web Site Desa Kukuh Dapat di Akses melalui Halaman : www.kukuh.desa.id ~ Web Site ini hanya dipergunakan untuk Tata Kelola Administrasi Pemerintah Desa Kukuh Kec. Kerambitan Kab. Tabanan ~

Artikel

Desa Kukuh Ajak Warga Ternak Babi

22 Agustus 2022 22:31:27  Admin SID  38 Kali Dibaca  Berita Desa

TABANAN, NusaBali
Krama Desa Kukuh, Kecamatan Kerambitan mengikuti sosialiasi memelihara babi, Minggu (21/8). Hal ini dilakukan untuk mengatasi penyakit African Swine Fever (ASF) yang menyerang ternak babi. Pasca ASF, warga trauma  dan  enggan beternak.

Sosialisasi ini dilakukan setiap satu semester atau jelang panen babi. Selain diberikan cara memelihara babi yang benar, peternak juga mendapat wawasan kesehatan hewan. Sosialisasi ini diberikan langsung dokter hewan dari UPTD Puskeswan II Tabanan Dinas Pertanian Tabanan yang mewilayahi Kecamatan Kerambitan.

Perbekel Desa Kukuh I Nyoman Widhi Adnyana mengatakan, sosialisasi diberikan untuk memberikan pengetahuan dan informasi kepada masyarakat terkait standar pemeliharaan ternak babi dan upaya pencegahan ASF. "Kita ingin masyarakat kembali dapat memelihara babi pasca beberapa bulan yang lalu diserang ASF," terangnya.

Sebab kata Nyoman Widhi Adnyana, tak dipungkiri jika masyarakat masih ragu dan takut untuk memelihara babi. Dengan adanya sosialiasi ini diharapkan dapat meningkatkan keyakinan diri akan memelihara babi kembali. "Dengan mereka tahu standar operational procedur (SOP) pemeliharaan babi dan upaya pencegahan ASF, maka harapan kita mereka mulai berani beternak babi," katanya.

Untuk mendukung usaha warga ini, BUMDes sudah membuat program pembiayaan pakan dengan sistem talang. Maksud dari program ini peternak yang ingin membeli pakan seperti dedak, dan lainnya dibayarkan dulu dari BUMDes di tempat mereka mengambil pakan.

Nantinya setelah panen kisaran 4-5 bulan, peternak bisa melunasi dengan tambahan 0,5 persen dari total biaya yang sudah dikeluarkan. "Desa siapkan Rp 50 juta ke BUMDes untuk satu periode. Satu periode ini untuk 4-5 bulan. Program ini sudah berjalan selama 2 periode," terangnya.

Diakuinya program ini sudah banyak yang ikut. Terdata ada 14 peternak yang sudah merasakan program sistem talang ini. "Kegiatan ini adalah sebagai bentuk komitmen pemerintah desa dalam bidang pertanian serta Bulan September 2022 kami akan fasilitasi para peternak babi di desa dengan pelatihan pengolahan dan pembuatan pakan ternak," bebernya.

Adnyana pun berharap dengan adanya sosialisasi dan program sistem talang tersebut, peternak di Desa Kukuh bisa terbantu untuk meningkatkan usaha memelihara babi yang ada akhirnya meningkatkan perekonomian. "Kami di Desa Kukuh tidak memelihara babi khusus, babi yang dipelihara adalah babi yang dicari untuk keperluan upacara dan hajatan," kata Adnyana. *des

Sumber : https://www.nusabali.com/berita/123624/desa-kukuh-ajak-warga-ternak-babi

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

 Agenda

 Sinergi Program

Kemendes PDTT Pemkab Tabanan INSTIKI
Universitas Warmadewa ISI Denpasar Unmas Denpasar
UPN Veteran Jawa Timur BLK Kab. Tabanan Pemprov Vali

 Aparatur Desa

Back Next

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:314
    Kemarin:359
    Total Pengunjung:43.522
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.49.228
    Browser:Tidak ditemukan

 Jam Layanan Kantor

  • Hari Mulai Selesai
    Senin 08:00:00 15:00:00
    Selasa 08:00:00 15:00:00
    Rabu 08:00:00 15:00:00
    Kamis 08:00:00 15:00:00
    Jumat 08:00:00 13:00:00
    Sabtu Libur
    Minggu Libur

 Terkini di Fans Page